JANGAN Ke JOGJA, Sebelum Anda Tahu Wisata Terbaru Jogja 2019 INI

Jogja memang istimewa. Tidak hanya karena budaya maupun masyarakatnya, tetapi juga pariwisatanya.Berbagai destinasi pariwisata dapat ditemui di sini. Mulai dari wisata budaya, wisata edukasi, wisata alam, wisata kuliner bahkan wisata belanja. Semua tersedia jika Anda memutuskan untuk berwisata di Jogja.

Berlibur ke Jogja merupakan magnet tersendiri bagi para wisatawan. Selain menawarkan destinasi wisata yang lengkap. Ada banyak alasan kenapa berwisata ke Jogja menjadi pilihan. Diantaranya biaya yang murah, transportasi mudah serta kuliner enak dan murah pula.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Kota Pelajar ini. Kami akan suguhkan beberapa pilihan destinasi wisata menarik. Terutama bagi Anda yang memburu spot indah untuk koleksi instagram. Jogja menawarkan sejuta pesona indah bagi Anda yang menginginkan mengabadikan moment indah bersama orang terkasih.

Wisata di Jogja terbagi dalam lima Kabupaten

Sebelum berbicara ke destinasi wisata mana yang akan dituju. Alangkah baiknya jika Anda, kami ajak mengenal kabupaten yang ada di Jogja. Setiap kabupaten memiliki corak khas wisata tersendiri.

  1. Kotamadya/Kota jogja (tengah)
  2. Di sebelah barat ada Kabupaten Kulonprogo, ibukotanya adalah Wates
  3. Di sebelah timur ada Kabupaten Gunung Kidul, ibukotanya adalah Wonosari
  4. Di sebelah selatan ada Kabupaten Batul, ibukotanya adalah Bantul
  5. Di sebelah utara ada Kabupaten Sleman, ibukotanya adalah Sleman

Jika Anda akan berkunjung ke Kabupaten Gunung Kidul. Maka Anda akan mudah menemui Goa bawah tanah, wisata pantai dengan pasir putihnya yang indah.

Lain lagi Kulon Progo, di sana Anda akan menemui pemandangan alam yang indah. Anda akan dibawa ke dalam suasana perbukitan. Telinga Anda akan dimanjakan gemricik suara air. Karena di Kulon Progo akan ditemui wisata air terjun yang masih asri.

Bantul punya cerita unik lagi. Pernahkah Anda mendengar negeri di atas awan ?. Iya, negeri di atas awan tidak hanya ada di dongeng fiksi. Anda bisa menjumpainya di Kawasan Mangunan, Imogiri Bantul.

Siapa yang tidak kenal Merapi. Pesona kegagahan gunung ini terkenal ke seluruh penjuru nusantara. Gunung Merapi berada di Kabupaten Sleman. Di Sleman, Anda bisa menikmati hawa pegunungan yang sejuk. Anda bisa berwisata ke Kaliurang. Tidak lupa, Anda juga bisa mengunjungi wisata edukasi yakni Museum Merapi.

Apa bukti jika Anda ke Jogja ?. Tentunya adalah berfoto di ikon kota Jogja itu sendiri. Ikon kota Jogja adalah Tugu. Tugu Jogja ini berada di titik nol kilometer. Yang tidak jauh dari titik nol kilometer, Anda bisa menemukan surganya wisata belanja. Yakni di Pasar Beringharjo, Malioboro. Anda bisa temui jantung Jogja yaitu di Kotamadya.

Berikut kami rangkum beberapa destinasi wisata Jogja terbaru tahun 2019. Untuk mempermudah Anda, dalam menentukan pilihan mana yang Anda kunjungi. Maka, kami membagi wisata terbaru di Jogja ke dalam kategori destinasi wisata berdasakan limav kabupaten yang ada.

Wisata Jogja Terbaru 2019, di Sleman

The World Landmarks Merapi Park

Apakah Anda merasa iri dengan para selebgram yang sering memajang foto liburannya di luar negeri ?. Jika hal itu yang Anda rasakan, maka tidak perlu berkecil hati. Anda bisa berfoto layaknya selebgram yang memajang fotonya liburannya di luar negeri.

Anda tidak perlu jauh-jauh dan menghabiskan banyak budget untuk sekedar berfoto di depan menara Eifel, layaknya Syahrini. Cukup dengan budget Rp. 15.000 Anda sudah bisa menikmati Menara Pisa, Big Ben London, Pagoda, Kincir Angin Belanda. Anda cukup datang ke The World Landmarks Merapi Park. Kemudian nikmati surga selfie ini sepuasnya!.

Lokasi The World Landmarks Merapi Park ada di Jalan Kaliurang km.25, Pakembinangun, Sleman.

Harga tiket masuk : Rp. 15.000

Jam buka : pukul 09.00-17.00 WIB

Tarif parkir motor : Rp. 2000

The Lost World Castle

Pernahkah Anda menonton tayangan Benteng Takeshi di TV ?. Kini di Sleman juga ada wisata terbaru juga terdapat bangunan yang mirip dengan Benteng Takeshi. Ialah The Lost World Castle. Objek wisata Jogja ini baru dibuka sekitar tahun 2017 lalu.

Baca juga :   Wisata Kuliner Bandung yang Enak dan Murah Meriah, Tempat Nongkrong, Cafe, Restoran Recommended

Pihak pengelola mengatakan bahwa pihaknya membangun kastil itu bertujuan untuk menyampaikan pesan edukasi tentang erupsi besar Gunung Merapi yang pernah melanda 2010 silam. Erupsi dahsyat tersebut meluluh lantahkan desa-desa yang ada di sekitar lereng Merapi dan menyebabkan lenyapnya desa Kepuharjo.

Di The Lost World Castle ini Anda bisa berfoto layaknya sedang berada di Benteng Takeshi Jepang, tanpa harus jauh-jauh ke Jepang.

Lokasinya wisata Jogja terbaru ini berada di Kepuharjo, Cangkringan Sleman Yogyakarta.

Harga tiket masuk : Rp. 25.000

Jam buka : 07.00-18.00

Tarif parkir : motor Rp. 2000 , roda empat Rp. 5000

Stonehenge

Tidak jauh dari The Lost World Castle terdapat wisata terbaru Jogja, Stonehenge. Mirip dengan Stonehenge yang ada di Inggris. Stonehenge versi Sleman ini dibuat semen yang dicor sehingga mirip batu-batuan purba.

Sangat menarik bagi Anda yang hobi berfoto dan berselfie ria. Karena spotnya instagramable.

Lokasinya berada di Kepuharjo, Cangkringan Sleman Yogyakarta.

Harga tiket masuk : Rp. 10.000

Jam buka : pukul 09.00-18.00 WIB

Tarif parkir motor : Rp. 2000

Tebing Breksi

Tebing ini awalnya adalah lokasi tambang batu breksi yang menjadi sumber pendapatan warga sekitar. Siapa sangka jika kemudian tebing ini bertranformasi menjadi sebuah objek wisata yang banyak disukai oleh para wisatawan, khususnya bagi yang menyukai petualangan.

Ketika Anda berada di atas tebing, maka Anda akan disuguhi pemandangan Jogja dan Klaten ( terlihat Gunung Merapi, Candi Prambanan dan Landasan Pacu Bandara Adi Sucipto ) serta banyak spot foto.

Jika ingin mengelilingi tebing breksi sambil memacu adrenalin, Anda bisa mencoba menyewa ATV. Jika mau melanjutkan ke wisata sekitar tanpa harus parkir, bisa sewa jeep kecil ( muat 4/5 orang). Oiya, jangan lupa membawa topi atau payung jika ke sini pada siang hari cuaca sangat panas.

Pihak pengelola menyediakan fasilitas seperti masjid, toilet, food court bahkan wifi area.

Lokasi Tebing Breksi berada di Sambirejo, Prambanan, Sleman Yogyakarta.

Harga tiket masuk : Gratis

Jam buka : pukul 06.00-21.00 WIB

Tarif parkir motor : Rp. 2000

Candi Prambanan

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan objek wisata yang satu ini. Objek wisata Jogja ini selain menawarkan wisata sejarah dan edukasi. Berwisata di sini juga bisa memanjakan mata Anda menyaksikan kegagahan bangunan masa lampau.

Fasilitas yang tersedia di sini terbilang lengkap seperti mushola, toilet, umum, food court, kios cenderamata dan penyewaan payung pun ada.

Candi Prambanan berlokasi di Bokoharjo, Kec.Prambanan, Sleman Yogyakarta.

Harga tiket masuk : Rp. 30.000-40.000

Tiket terusan tour Candi Prambanan + Candi Boko Rp. 75.000 ( all in one )

Jam buka : pukul 07.00-17.00 WIB

Tarif parkir motor : Rp. 2000

Candi Ijo

Bagi Anda pemburu sunset dan sunrise, objek wisata Candi Ijo di Jogja sangat rekomended. Candi ini berlokasi tertinggi karena berada di atas Bukit Ijo.Dijamin memanjakan mata Anda untuk menyaksikan pemandangan alam yang indah.

Candi Ijo berlokasi di Sambirejo, Prambanan, Sleman Yogyakarta. Lokasinya berdekatan dengan Candi Ratu Boko dan Tebing Breksi.

Harga tiket masuk : Rp.5000

Jam buka : pukul 05.00-17.00 WIB

Tarif parkir motor : Rp. 2000

Wisata Jogja Terbaru 2019, di Bantul

Hutan Pinus Mangunan

Ingin merasakan sensasi negeri di atas awan ?. Hal ini tidak hanya bisa Anda temui pada dongeng fiksi. Anda bisa merasakannya di Bantul, tepatnya di Hutan Pinus Mangunan. Letaknya yang berada di atas bukit membuat Anda bisa melihat landscape Kota Jogja dengan sangat indahnya.

Saat berada di sana, Anda akan disambut ratusan pohon pinus yang tinggi menjulang. Jangan tanya lagi soal keindahannya. Bahkan Mantan Presiden Barrack Obama pernah singgah ke Mangunan.

Bagi Anda, pecinta fotografi. Wisata Jogja yang satu ini, menawarkan berbagai spot indah. Sudah banyak fotografer profesional yang singgah ke wisata ini, untuk hunting foto. Juga cocok berwisata di tempat ini, bagi Anda yang akan melakukan sesi Prewedding.

Lokasi Wisata Hutan Pinus Mangunan berada di Mangunan, Dlingo, Bantul Jogja.

Fasilitas yang tersedia mushola, toilet, warung makan serta parkir yang luas.

Harga tiket masuk : Rp.2500

Jam buka : setiap hari

Tarif parkir motor : Rp. 2000

Pantai Parangtritis

Tidak lengkap rasanya jika berwisata ke Jogja belum mampir ke Pantai Parangtritis. Pantai yang berada di Bantul ini memang terkenal karena mitos Nyi Roro Kidul, yang diangkat ke layar lebar.

Baca juga :   Tempat Wisata Pantai Pandawa Nusa Dua Bali yang Indah / Hotel / Harga Tiket / Sejarah dll

Keindahan ombaknya membuat siapapun yang berwisata ke sini akan selalu rindu pada Jogja. Jika Anda ke sana, Anda akan disambut dengan ombak yang besar. Namun, kami sarankan untuk tidak mencoba berenang di Pantai karena cukup berbahaya. Cukup nikmati keindahan panorama alam wisata ini dan menghirup udara segar saja.

Wisata Pantai Parangtritis ini berada di desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul Yogyakarta.

Harga tiket masuk : Rp.5000-10.000

Jam buka : setiap hari

Tarif parkir : motor Rp. 2000, mobil Rp.5000

Bukit Paralayang

Tidak jauh dari Pantai Parangtritis, Anda akan menemui destinasi wisata Jogja yang tidak kalah menarik. Ialah Bukit Paralayang Watu Gapit. Anda hanya butuh waktu 10 menit saja untuk sampai ke wisata ini. Meskipun letaknya berada di dekat Pantai Parangtritis Bantul, tapi Bukit Paralayang sudah masuk kawasan Kabupaten Gunung Kidul.

Di wisata yang satu ini, Anda dapat bersantai sembari menikmati pemandangan Pantai Parangtritis dari atas bukit. Buat, Anda pemburu sunset wisata Jogja Bukit Paralayang sangat cocok dijadikan destinasi. Pemandangan yang indah dijamin bisa melepas penat dan stres Anda.

Berlokasi di Giricahyo, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta

Harga tiket masuk : Rp.5000

Jam buka : 05.00-18.30 WIB

Tarif parkir : motor Rp. 2000, mobil Rp.5000

Gumuk Pasir ParangKusumo

Ingatkah Anda dengan video klip Agnes Monica “Godai Aku” ?. Banyak orang mengira lokasi syuting video klip ini di luar negeri. Padahal, nyatanya lokasi syutingnya berada di Jogja. Ya, benar lokasinya di Gumuk Pasir Parangkusumo.

Wisata Jogja yang satu ini masih dalam satu area dengan Pantai Parangtritis. Di sini, Anda bisa hunting foto dengan spot keren. Anda juga bisa bermain sandboarding dengan biaya 150 ribu. Waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata Jogja ini adalah sore hari. Jika Anda datang pada jam 10 pagi sampai siang disarankan untuk membawa topi atau payung karena cuaca sangat terik.

Fasilitasnya pun lumayan lengkap. Sudah ada toilet dan tempat parkir

Berlokasi di Jl.Pantai Parangkusumo RT.1 Grogol 10 Kretek, Parangtritis Batul Yogyakarta.

Harga tiket masuk : Gratis

Jam buka : Setiap hari

Tarif parkir : motor Rp. 3000

Wisata Jogja Terbaru 2019, di Kulon Progo

Kalibiru

Buat Anda para instagrammer tentu sudah sering melihat spot foto di atas pohon atau panggung di bibir yang curam ? . Ya, spot foto yang satu ini sudah terkenal. Anda bisa berfoto dan menikmatinya di kawasan Kali Biru Kulon Progo.

Fasilitas yang tersedia ini pun sudah lengkap seperti restoran, mushola, persewaan foto, toilet, tour guide dan berbagai paket wisata ada.

Lokasinya berada di Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap KulonProgo

Harga tiket masuk : Rp. 10.000

Spot berfoto : Rp. 10.000- 35.000

Jam buka : 06.30-17.00

Tarif parkir : motor Rp. 2.000-5.000 / mobil Rp.10.000

Air Terjun Kedung Pedut

Apakah Anda sedang dilanda stres dan penat luar biasa ? . Jika Anda sedang mengalaminya. Maka obat terbaik adalah mendengarkan berlibur. Menurut penelitian mendengarkan suara gemricik air bisa menurunkan tingkat stres pada manusia.

Air Terjun Kedung Pedut ini bisa menjadi destinasi wisata Jogja yang menarik. Pemadangan yang asri membuat siapapun betah berlama-lama di sini. Akan tetapi medan perjalanannya cukup terjal, apalagi saat musim hujan tiba jalanan menjadi licin penuh lumpur.

Fasilitasnya pun sudah lengkap warung makan, toilet umum, gazebo, Flying Fox da tempat parkir.

Lokasi wisata Jogja yang ini berada di JatiMulyo, GiriMulyo,KulonProgo, Yogyakarta.

Harga tiket masuk : Rp. 5.000-10.000

Jam buka : setiap hari

Tarif parkir : motor Rp. 2.000 mobil 5.000

Hutan Mangrove

Meskipun masih dalam tahap pembangunan, namun pemandangannya sangat cantik. Wisata Jogja yang satu ini cocok untuk bersantai sembari berfoto dengan orang terkasih karena spot nya yang indah.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencoba sensasi naik perahu dengan mengitari hutan mangrove yang masih asri. Fasilitas yang tersedia pun sudah lengkap seperti Toilet umum dan warung makan.

Harga tiket masuk : Rp. 5.000/ orang

Jam buka : setiap hari

Tarif parkir : motor Rp. 2.000 mobil 10.000

Wisata Jogja Terbaru 2019, di Gunung Kidul

Gua Pindul

Pada destinasi wisata Jogja Gua Pindul ini, Anda dapat merasakan petualangan susur gua di atas ban karet yang pastinya mengasyikkan.Namun, Anda harus berhati-hati karena di sana banyak calo yang menawarkan paket wisata. Paket wisata di sana cukup lengkap, maka sebaiknya Anda lebih selektif dalam memilih.

Baca juga :   Wisata Kuliner Surabaya yang Maknyus dan Murah Meriah

Fasilitasnya sudah pasti lengkap seperti musholla, toilet umum, restoran, persewaan alat dan kamera, parkir serta tour guide.

Lokasinya berada di Gelaran, Bejiharjo Karangmojo Gunung Kidul Jogja.

Harga tiket masuk : Rp. 30.000-60.000 ( tergantung low season dan high season )

Jam buka : 07.00-17.00

Tarif parkir : motor Rp. 2.000 mobil 5.000

Goa Jomblang Jaya

Pernahkah mendengar “ cahaya dari surga” ? . Ya, tempat ini merupakan favoritnya para fotografer untuk hunting. Di Goa Jomblang Jaya tidak hanya menikmati “cahaya dari surga” tetapi juga merasakan sensasi adventure yang mengesankan.

Kita akan diajak masuk ke dalam Goa dengan segala tantangannya. Dengan bantuan guide dan alat yang safety kita ditantang untuk menguji adrenalin untuk menuruni bibir gua dengan seutas tali yang dipasangkan pengait ke badan kita.

Kita turun berpasangan ( 2 orang ) sekali turun yang kedalamannya kira-kira 60m. Setelah itu dilanjutkan menuruni sedikit curam dan sampai pada titik awal penyusuran mulut gua, berkelompok dan berjalan menyusuri gua sedalam 300 m.

Dalam satu kelompok terdiri dari 20 orang, dikarenakan supaya tidak terlalu sumpek di dalam gua da bergiliran untuk ambil foto. Belum sampai 100 m kita berjalan akan mendengar derasnya aliran sungai yang ternyata terletak di bawah mulut gua, tetapi kita tidak diperbolehkan turun karena alasan keselamatan tentunya.

Sesampainya di spot “cahaya surga” kita diberi waktu satu jam untuk menikmati cahaya dan harus menunggu sampai cahaya itu masuk ke dalam gua. Sungguh sensasi alam menakjubkan tatkala kita bisa melihat paparan cahaya matahari masuk ke dalam gua. Tak hanya itu kita juga bisa melihat sungai yang mengalir deras da bermuara di Pantai Baron.

Tertarik? Untuk biaya Anda harus meroboh kocek lebih dalam sebesar 450 ribu. Fasilitasnya lengkap terdiri dari mushalla, toilet da warung makan.

Lokasinya terletak di Pacarejo,Semanu, Gunung Kidul.

Harga tiket masuk : Rp. 450.000/ orang

Jam buka : 08.00-14.00

Tarif parkir : motor Rp. 2.000 mobil 5.000

Pantai Indrayanti

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi pantai pasir putih. Kini, tidak perlu jauh-jauh ke Bali karena di Jogja Anda bisa merasakan sensasinya. Iya, datanglah ke Pantai Indrayanti Gunung Kidul Yogyakarta.

Di sana , Anda bisa bersantai di pinggir pantai dengan payung + tikar seharga 20 ribu rupiah saja yang disewakan. Anda bisa melupakan beban pikiran sejenak. Untuk fasilitasnya sudah lengkap mulai dari mushalla, toilet umum, restoran dari yang mahal sampai murah pun tersedia.

Harga tiket masuk : Rp. 10.000

Jam buka : setiap hari

Tarif parkir : motor Rp. 2.000 mobil 10.000

Leave a Comment